Hukum Bacaan Al Syamsiyah Al Qomariyah



1. Pengertian hukum bacaan  “Al” Syamsiyah.
“Al” Syamsiyah adalah “Al” atau alif lam yang dirangkai dengan kata benda (isim) yang diawali dengan salah satu dari huruf-huruf syamsiyah. Jumlah huruf syamsiyah ada 14 huruf, yaitu huruf-huruf hijaiyah selain huruf-huruf qamariyah (seperti di bawah), yakni

ط ث ص ر ت ض ذ ن د س ظ ز ش ل. 

Cara membaca “Al” Syamsiyah adalah dengan memasukkan (mengidghamkan) “Al” (lam sukun) ke huruf-huruf syamsiyah sehingga bacaan lam sukunnya hilang dan lebur ke dalam huruf syamsiyah yang mengikutinya. Karena membacanya dengan diidghamkan, maka hukum bacaan “Al” Syamsiyah sering juga disebut dengan Idgham Syamsiyah ( إِدْغَامْ شَمْسِيَّةْ ) .

2. Contoh-contoh bacaan “Al” Syamsiyah.


3. Pengertian hukum bacaan  “Al” Qamariyah.
“Al” Qamariyah adalah “Al” yang dirangkai dengan kata benda (isim) yang diawali dengan salah satu dari huruf-huruf qamariyah. Jumlah huruf qamariyah ada 14 huruf, seperti terangkum dalam rangkaian huruf atau kalimat: اَبْغِ حَجَّكَ وَخَفْ عَقِيْمَةْ  yaitu huruf-huruf ( ا ب غ ح ج ك و خ ف ع ق ي م ه ). Cara membaca “Al” Qamariyah harus jelas (izhar), yakni tetap kelihatan bacan lam sukunnya. Karena itulah hukum bacaan “Al” Qamariyah sering disebut dengan Izhar Qamariyah (إِظْهَارْ قَمَرِيَّةْ).


4.  Contoh-contoh bacaan “Al” Qomariyah.


Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Hukum Bacaan Al Syamsiyah Al Qomariyah"

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Template By. Kunci Dunia
Back To Top